Parenting,  Playground

5 Ide Permainan Anak di Aplikasi Zoom untuk Mengisi Liburan

ide permainan yang bisa dilakukan online lewat aplikasi zoom

Liburan ngapainnnn?

Aduh anak-anak serba gabut nih di rumah. Rasanya bingung banget mau ide mainan apa lagi hari in? liburan tahun ajaran baru emang lumayan panjang yah. Kebetulan ayahnya juga sedang on duty, jadi ngga bisa main bareng.

Bereang udah. Sepak bola udah. Badminton udah. Bersepeda udah. Streaming film udah. Ngapain lagi dong!

Apalagi sekarang Ghazi juga udah mau SD. Jelas aja bakal berpisah dengan teman-temannya di TK. Sedih banget saat wisuda. Pisah sama temen-temen, sama Miss-nya juga.

Terus gimana kalau kangen?

Miss kasih ide buat main ice breaking online yang biasa dilakukan kelas daring. Apa tuh?

Ide Ice Breaking, Dijamin Kelas Ngga Garing

Udah pada dengar tentang ice breaking? Jadi saat kelas online selama pandemi ternyata banyak siswa yang jenuh karena Cuma dengerin gurunya ceramah mulu. So, buat membangkitkan gairah belajar anak-anak maka dibikinlah kegiatan ice breaking ini.

Ice breaking ini tentu saja secara virtual. Guru ngga perlu pusing dengan perangkat canggih karena bisa dilakukan secara jarak jauh. Cuma modal internet dan kreativitas aja.

Mau ngintip ide ice breaking seru?

5 Permainan Lewat Aplikasi Zoom Bersama Teman-teman

(sumber: gradely.ng)

1. Zoom Out

Zoom Out adalah permainan di mana anak-anak harus menebak gambar apa yang ada di layar depan mereka. Pastikan gambar yang anak-anak punya memiliki resolusi tinggi dan bisa di zoom out menjadi detail. Nanti pelan-pelan bisa diperkecil sampai bisa ditebak dengan benar.

Cara bermain:

  1. Download gambar dan pastikan memiliki resolusi tinggi yang bida diperbesar dengan detail dan jelas. Ukurannya bisa 1080 samoai 4k piksel yah.
  2. Mom bisa membantu membuka gambar di galerry laptop dan perbesar ke bagian yang tampaknya bisa ditebak teman.
  3. Nyalakan zoom dan share screen sampai teman-teman bisa melihatnya.
  4. Kalau belum ada yang bisa menjawab, bisa diperkecil setiap 20 detik. Pokoknya sampai ada yang bisa menebak gambarnya dan ia yang akan jadi pemenang.

2. Don’t Smile or Sing

Ide ini bisa dilakukan kalau Miss bisa melihat semua wajah anak-anak. Pastikan sinyal internet kencen dan ngga buffering yah. Jadi gimana caranya?

Miss memberi instruksi agar anak-anak ngga boleh tertawa sampai waktu tertentu. Pada saat tersebut, Miss akan menceritakan cerita lucu, atau menunjukkan mimik muka yang bikin ketawa.

Nah anak-anak yang tersenyum atau gagal menahan ketawa harus bernyanyi sebagai hukuman. Hihi seru kan?

Baca Juga: Balajar Bahasa Inggris Online, Biar Bisa Sekolah di Luar Negeri

3. Hangman

(sumber: medium.com)

Hangman salah satu game klasik yang jadi favorit diantara game Zoom untuk ice breaking anak prasekolah. Jika anak-anak salah menebak selama 5 kali menjawab, maka terjadilah Hangman!

Cara bermain:

  1. Miss bisa menggunakan papan tulis digital dan nyalakan share screen
  2. Pikirkan dua atau tiga kata kemudian buat beberapa garis yang mewakili huruf masing-masing.
  3. Mintalah anak-anak untuk mengisi bagian yang kosong satu per satu.
  4. Buat setiap tebakan yang salah, anak bisa menggambar bagian tubuh Hangman seperti wajah, tubuh, kaki, lengan, atau tali.
  5. Kalau udah 5 tebakan dan belum ada yang bisa menemukan kata tersebut, selesaikan Hangman dan akhiri permainan.

Baca Juga: Review Turning Red: Rumitnya Masa Transisi Anak ABG

4. Simon Says

Permainan Simon Says ini ternyata juga hits buat dilakukan saat kelas daring. Ada yang pernah mencoba?

Permainan ini sangat mudah dan [raktis karena Miss ngga perlu menggunakan alat dan bahan pendukung apapun. Pokoknya permainan bisa dilakukan asal akses internet lancar.

Caranya, jika Miss menyebutkan sebuat instruksi dengan diawali kata “Simon Says”, maka anak-anak harus melakukan perintah tersebut. sebaliknya jika instruksi yang diberikan ngga diawali dengan “Simon Says”, maka anak yang melakukan instruksi dianggap gagal.

5. Pada Suatu Hari

(sumber: freepik.com)

Permainan ini seru banget kalau dilakukan rame-rame. Bisa merangsang daya imajinasi anak juga. Jadi ini adalah permainan mendongeng sederhana yang melibatkan anak-anak untuk melanjutkan cerita satu per satu.

Cara bermain:

  1. Miss bisa memulai dengan kata-kata pembuka “Pada Suatu Hari”.
  2. Lalu minta salah satu anak melanjutkan jalan cerita yang ingin dimulai, misalnya “ada seekor kupu-kupu terbang di hutan.”
  3. Dan anak berikutnya melanjutkan, “kemudian dia bertemu dengan burung gagak yang menangis”
  4. Begitu seterusnya sampai semua anak mendapat giliran bercerita.
  5. Cerita akan semakin panjang, unik, dan menarik. Pasti kisah yang disampaikan anak-anak bakal out of the box banget.

Internet, Senjata Andalah Untuk Aplikasi Daring

Seru banget kan bisa main bersama temen-temen lagi meskipun udah ngga sekolah bareng. Bisa tetap melepas rindu dan main bareng buat killing time selama liburan.

Meskipun ngga ketemu, tetep bisa asyik bermain karena manfaat internet. Jadi meskipun ada temen-temen yang lagi liburan di luar kota bisa tetep gabung. Untung kami di rumah pakai IndiHome, jadi akses internet pun kenceng.

IndiHome sebagai produk Telkom Indonesia ini bisa mendukung semua aktivitas tanpa batas di rumah. Anak-anak juga bisa main game, main lewat Zoom bareng temen, streaming Nusa dan Rara, bahkan ikutan kelas robotic online. Temennya pun ada dari berbagai kota, seneng kan opakai layanan internetnya Indonesia yang bisa menyatukan anak-anak dari berbagai kota.

Baca Juga: Eksperimen Sains: Membuat Geyser dari Soda dan Mentos

Penutup

Kegiatan liburan yang monoton sekarang bisa lebih seru karena ide ice breaking dari Miss yang biasanya digunakan saat virtual class. Ada banyak ragam permainan yang bisa anak-anak coba saat terhubung lewat aplikasi Zoom bersama teman sekelasnya.

Semua berkat manfaat internet yang menghubungkan anak-anak untuk online bersama. Untung ada IndiHome, internetnya Indonesia yang bikin anak-anak happy lagi karena bisa main virtual bareng selama liburan sekolah.

The Kurniawans adalah sebuah catatan keluarga, jelajahi kisah pengasuhan, perjalanan, dan semua cerita menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.