Playground

Eksperimen Sains: Membuat Geyser dari Soda dan Mentos

percobaan sains geyser dari coke dan mentos

Temen-temen udah pada tahu geyser belum? Kali ini 3G penasaran bikin eksperimen sains mudah. Bikin geyser dari soda dan mentos. Emang bisa? bisa dong, yuk ikut nyobain.

Apa yang Dimaksud Geyser?

(sumber: canva.com)

Geyser adalah sejenis mata air panas yang menyembur secara teratur. Mengeluarkan air panas dan uap air ke udara.

Geyser merupakan kondisi yang sangat jarang terjadi. Biasanya terbentuk secara kebetulan dan hanya kurang dari 1000 geyser di Bumi. Geyser terdapat di pegunungan atau dataran tinggi.

Tersebar hanya di 5 negara, yaitu: Amerika, Rusia, Chile, Selandia Baru, dan Islandia. Sebagian besar geyser terdapat di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat.

Geyser biasanya sangat indah dan dijadikan tempat wisata atau pemandian air hangat.

Bagaimana Proses Terjadinya Geyser?

  1. Air di bawah permukaan Bumi mengalami proses pemanasan oleh magma.
  2. Uap air yang sudah lama tertahan akan menerobos naik ke permukaan melalui celah-celah retakan di permukaan tanah.
  3. Retakan pada tanah memungkinkan udara masuk ke dalam dan menurunkan suhu air di dalam tanah.
  4. Air dan uapnya akan terus menyembur sampai tak ada lagi air yang bisa dikeluarkan. Ketika air tanah di dekat magma terkumpul lagi, maka proses di atas akan terus berulang.

Baca Juga: 5 Ide Permainan Anak di Aplikasi Zoom untuk Mengisi Liburan

Langkah Percobaan

Yuk, kita bikin langkah-langkah percobaannya. Teman-teman siapkan dulu yah alat dan bahannya.

Alat dan Bahan

  1. Minuman bersoda, aku pake Cola
  2. Permen Mentos
  3. Benang
  4. Paku

Cara Bikin

Ini anak-anak excited banget pokoknya. Bahannya mudah, dan percobaannya pun gampang banget. Pasti berhasil? Simak dulu deh.

  1. Buka pelan-pelan minuman bersodanya. Tuang isinya menjadi 2/3 dari isinya.
  2. Lubangi tutup botol menggunakan paku. Lubangi antara 5-7 titik.
  3. Satukan 4-5 butir permen mentos menggunakan benang dan ikat melewati tutup botol.
  4. Pasang kembali tutup botolnya jangan sampai permen mentos terjatuh atau menyentuh soda.
  5. Lepaskan benang dan segera ambil jarak dengan botol soda tersebut.
  6. Amati reaksi yang terjadi

Penjelasan

semburan geyser dari mentos dan soda

Anak-anak bisa didampingi orang tua atau orang dewasa yah.

Lapisan gula pada permen Mentos berekasi dengan Karbon Dioksida (CO2) dari larutan soda sehingga menyebabkan nukleasi dan mempercepat proses lepasnya gelembung-gelembung udara.

Jadi pencampuran antara soda dan permen mentos menghasilan gas karbon dioksida (CO2). Ini menyebabkan gas dan cairan tersebut akan meluap kemudian memancar ke segala arah.

Karena ada lubang pada botol, maka gelembung itu akan menuju ke atas dan memancar seperti geyser yang ada di pegunungan.

Baca Juga: Review Turning Red: Rumitnya Masa Transisi Anak ABG

Penutup

Kita bisa membuat geyser dari rumah dengan menggunakan coke dan permen mentos. Eksperimen sains sederhana yang bisa dicoba bersama anak-anak. Sangat mudah dan anak-anak pasti suka.

Campuran soda dan mentos akan menghasilkan gas karbon dioksida dan membuat cairan meluap memancar ke segala arah.

Note: Aku mencoba menggunakan Cola dengan ukuran yang lebih kecil, tapi tidak berhasil menyembur. Kamu bisa mencoba juga menggunakan soda merk lain untuk mengamati reaksi yang terjadi.

Selamat mencoba!

Referensi:

 Wibowo, Sulistyo dkk. Edu Science: Eksperimen Keren. Surakarta: Visi Mandiri.

 

The Kurniawans adalah sebuah catatan keluarga, jelajahi kisah pengasuhan, perjalanan, dan semua cerita menyenangkan.

7 Comments

      • Phai Yunita S Wijaya

        Wah pengen nyobain eksperimen bikin geyser ini bareng anak-anak. Kemarin cuma lihat di video reels kak Lintang aja. Sekarang baru baca detailnya. Anakku pasti suka ini.

    • Fiki Wahyu

      projectnya sangat menyenangkan dann sangat baik buat pengajaran anak usia dini. mungkin bisa tuh ditambah balon di atas botol biar lebih seru dan variatif

  • Roosita Damayanti

    Seru bikin eksperimen gini sama anak-anak tuh. Sembari main tapi ada pembelajaran yang didapatkan juga. Jadi inget pas sekolah terus pelajaran IPA, ada ekperimen gini juga

  • Andri Marza Akhda

    Asik juga ya, boleh ini dijadikan sebagai bahan pembelajaran bareng anak nanti, kalau dah menikah tentunya 😁

Leave a Reply

Your email address will not be published.