Education,  Parenting

Balajar Bahasa Inggris Online, Biar Bisa Sekolah di Luar Negeri

belajar bahasa inggris online mudah

“Bu, aku pingin jadi dokter hewan. Boleh ya sekolah di luar negeri?”

Kemarin Ghazan tiba-tiba mengutarakan keinginannya untuk menjadi dokter hewan.

“Lho kok tiba-tiba dokter hewan sih, Zan?”

Awalnya karena dia bertanya, kok ngga ada kurban sapi sih di rumahnya bapak? Bapak itu sebutan untuk eyang akung dari ayah. Aku jawab dong, sekarang lagi musim sakit PMK. Jadi orang-orang masih was was mau berkurban sapi.

Dia bertanya terus, apa sih penyakit PMK itu?

Aku jelasin aja secara sederhana. PMK itu Penyakit Mulut dan Kuku dan biasanya menyerang hewan berkuku belah atau genap seperti sapi, kerbau, domba, kambing, dan unta. Penyebabnya adalah virus. Biasanya hewan yang kena PMK ini lemah, lesu, air liur berlebihan, susah makan, mulut melepu, bahkan kakinya pincang.

“Ya ampun kasihan banget ya bu..”

“Iya, Zan. Makanya orang-orang lebih banyak pilih kambing. Soalnya PMK kebanyakan sapi.”

“Bu, aku mau jadi dokter hewan aja. Biar bisa sembuhin sapi-sapi ya bu. Tapi sekolahnya di luar negeri aja, biar tambah pinter.”

Rasa haru pun menyeruak dalam diri ini. Ternyata anak ini bisa sampai berpikir jauh ke sana. Dia tahu kalau belajar di luar negeri bisa melejitkan mimpi kecilnya hari ini. Aku yakin mimpi kecilnya hari ini akan terus membesar dan melesat.

Aku hanya mampu mengarahkannya, mendukung mimpi-mimpinya dan memberi fasilitas untuk mewujudukannya.

Sepertinya ini waktu yang tepat mengenalkannya belajar bahasa Inggris. Agar dia bisa lebih mudah sekolah di luar negeri.

Mengapa Penting Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak?

Sebenarnya anak yang belajar bahasa Inggris di usia dini lebih tidak takut untuk membuat kesalahan. Ini yang membuat mereka menjadi fast learner.

Apalagi saat ini kebutuhan akan keterampilan berbahasa asing juga lebih meningkat dan dibutuhkan banyak orang.

Sekolah/ Kuliah

Keterampilan menggunakan bahasa Inggris akan memudahkan anak-anak kelak bila ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Hampir semua universitas top dunia berada di negara-negara berbahasa Inggris seperti Amerika Serikat, Inggris, dan lainnya.

Bisa saja kan mereka mendapatkan beasiswa? Tentu saja peluang diterima bisa lebih terbuka lebar.

Pekerjaan

Selain itu juga mempermudah komunikasi saat terjun ke dunia kerja. Lihat saja info lowongan kerja banyak mencantumkan kemampuan berbahasa Inggris sebagai persyaratan.

Perusahaan multinasional atau start-up juga membutuhkan karyawan yang bisa berkomunikasi bahasa Inggris.

Traveling

Bahasa Inggris adalah bahasa dunia yang umum digunakan oleh semua orang dalam taraf internasional. Hampir semua orang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa ibu mereka.

Kalau anak-anak akan pergi traveling keluar negeri, mereka akan lebih cepat beradaptasi dengan penduduk setempat. Ini bisa menjadi modal dasar untuk persiapan traveling di masa depan.

Baca Juga: Eksperimen Sains: Membuat Geyser dari Soda dan Mentos

Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Selain itu belajar bahasa Inggris di usia dini juga memiliki banyak manfaat untuk anak, seperti:

  • Meningkatkan kognitif anak
  • Mengasah otak anak, termasuk emmecahkan masalah, berpikir lebih kritis, dan bisa menjadi pendengar yang baik
  • Meningkatkan memori, selain itu juga bisa meningkatkan konsentrasi serta kemampuan multitasking
  • Anak menjadi lebih kreativ
  • Membantu akademisnya di sekolah

Belajar Bahasa Inggris Online

belajar bahasa Inggris di rumah

Aku memasukkan Ghazan ke Happy Feet Play Group & Kindergarten dengan metode bilingual di sekolah. Peran aktif orang tua sangat dibutuhkan untuk membentuk lingkungan dari rumah.

Aku memilih menambah jam belajar bahasa Inggris online untuk menunjang kebutuhan belajarnya Ghazan. Jadi tambahan online bisa membantu belajarnya di sekolah juga.

Menggunakan aplikasi belajar online ternyata sangat mudah. Aku sempat meragukan kalau ini bakal ngga efektif karena ngga tatap muka. Ternyata fitur aplikasi yang aku pilih dikemas dalam bentuk gamification yang menyenangkan.

Namun, karena aplikasinya online kami pun harus butuh koneksi internet yang memadai.

Peran IndiHome Menunjang Belajar Online

Alhamdulillah aku sudah berlangganan salah satu produk Telkom Indonesia yang bernama IndiHome. Bermodalkan sinyal yang kencang, kami serumah bisa merasakan manfaat internet untuk sekeluarga. Apalagi untuk belajar online anak-anak.

Apalagi ikut kelas online kan ngga cuma dari Malang aja, kami bisa berkenalan dengan teman-teman dari seluruh penjuru negeri. Untung kan ada internetnya Indonesia yang bisa mendukung anakku belajar dan bertemu teman lainnya dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: 5 Ide Permainan Anak di Aplikasi Zoom untuk Mengisi Liburan

Penutup

Belajar bahasa Inggris untuk anak usia dini sangat penting untuk menunjang kebutuhannya berbahasa asing di masa depan. Pengajaran bahasa Inggris untuk anak-anak juga memiliki metode yang berbeda dengan orang dewasa.

Salah satu cara mengenalkan bahasa Inggris dengan aplikasi belajar online yang menyenangkan. Sistem gamification menjadi pilihan agar anak-anak tetap fun dalam belajar. Bermodalkan sinyal kencang dari IndiHome, kini mimpi Ghazan bisa lebih mudah terwujudkan.

The Kurniawans adalah sebuah catatan keluarga, jelajahi kisah pengasuhan, perjalanan, dan semua cerita menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.