Mengenalkan Game pada Anak Bisa Melatih Keterampilan Problem Solving, Yuk Main Solitaire!

Mengenalkan Game pada Anak Bisa Melatih Keterampilan Problem Solving, Yuk Main Solitaire!

Gameeee muluuuuu!

Siapa yang anaknya pada seneng banget main game? Eits, jangan marah-marah dulu Moms. Stop dan tahan emosi. Karena kamu harus tahu ternyata banyak banget manfaat mengenalkan game pada anak.

Era digital saat ini memnag membuat kebanyakan anak kecanduan video game, atau game online. Mulai dari menggunakan ponsel hingga tablet dan komputer.

Banyak juga orang tua yang jadi khawatir dan melakukan pembatasan kalau anak-anak nge-game mulu. Bahkan ada juga anak yang jadi kurang tidur karena begadang sampe tengah malam buat nge-game.

Ini sih yang bikin Moms jadi cemas karena banyaknya hal buruk seputar bermain game. Padahal sebenanrnya kegiatan ini juga memberi banyak dampak positif bagi perkembangan anak jika penggunaannya masih dibatasi dengan wajar dan sehat.

Manfaat Game Untuk Anak

Ternyata banyak banget manfaat mengenalkan game pada anak. Apa aja nih?

1. Meningkatkan Dorongan Buat Membaca

Ini pasti sih menurutku. Main game pasti ada panduan atau tutorial mainnya kan. Mau ngga mau ya harus bisa membaca instruksi permainan dong.

Bahkan dilansir dari Science Daily, penelitian di tahun 2022 menunjukkan bahwa anak yang main video game bisa mendapatkan dorongan untuk keterampilan membaca. Ini berlaku juga buat anak-anak yang kesulitan membaca.

2. Meningkatkan Kecerdasan Visual – Spasial

Moms, kecerdasan visual spasial ini adalah salah satu kecerdasan dari delapan kecerdasan manusia. Kecerdasan visual spasial yang menonjol dalam geometri bisa membantu anak pandai membaca peta, memvisualisasikan, memanipulasi sesuatu dalam suatu ruang, objek, atau bangunan.

Ini membantu dalam pemahaman tentang jarak dan ruang seperti yang dilakukan pilot pesawat, arsitek bahkan pemain catur.

Baca Juga:

Cara Asyik Mengajari Anak Tentang Uang

3. Melatih Keterampilan Problem Solving

Inti dari setiap main game adalah menyelesaikan tantangan. Anak-anak selalu diajak menghadapi masalah dan bekerja buat menemukan solusinya.

Dilansir dari Science Alert, sebuah penelitian yang dilakukan University of Electronic Science and Tchnology of China dan Macquarie University di Sydney pada 2015, mengatakan kalau main game bisa meningkatkan keterampilan dan logika pemecahan masalah.

Banyak pemain game yang membutuhkan perencanaan, pemikiran strategis, dan menggunakan logika buat mencapai goals dan memenangkan game.

Main Game di Solitaire Yuk Buat Belajar Problem Solving

Aku mau kenalin tempat main game online yang banyak banget pilihannya buat belajar problem solving. Yuk mampir di laman solitaire.org.

Main di solitaire.org ini juga bisa bikin Moms nostalgia kalau dulu pernah main Solitaire di komputer sekolah hahaha. Hayyy, sekarang Moms bisa main online lho!

Coba lihat di websitenya langsung, emang banyak banget pilihan game online yang bisa dicoba. Aman banget kalau mau ngajakin anak-anak main. Instruksinya rinci banget, bisa melatuh anak belajar memahami instruksi juga.

Oh ya, senengnya tuh ngga ada iklan yang muncul kok, mainnya juga ngga pake login dulu. Tenang aja, ini semua freeee!

1. Free Online Classic Solitaire

Free online classic Solitaire

Ini mah emaknya juga seneng. Karena jadi nostalgia jaman masih sekolah dulu. Aku dulu kalau lagi gabut juga pasti main Solitaire. Udah ngga asing kan cara mainnya?

Kartu berjumlah 52 yang biasa disebut Deck akan terbagi menjadi 4 suit yaitu: Spade (sekop), Heart (hati), Diamond (wajik), dan Clover (keriting).

Masing-masingnya ada 13 belas huruf yang mana sembilan diantaranya adalah angka 2 sampai 10 sisanya As, J, Q, dan K.

Tujuannya mencapai urutan kartu secara naik, nanti dek yang muncul bakalan acak. Tugas kamu ya mengurutkan kartunya. Kalau semua angka bisa terkumpul maka kamu akan memenangkan game.

Oh ya, mengurutkannya harus selang seling lho warnanya. Merah kemudian hitam, begitu terus. Kalau kartu yang kamu cari ngga muncul, ya tinggal klik kartu yang akan keluar acak di pojok kanan atas.

Eh gimana, bingung kah?

Baca aja yuk tutorialnya di websitenya Play Free Classic Solitaire langsung.

2. Main Minesweeper Buat Pemula

game Minesweeper buat pemula

Main Minesweeper juga ngga salah seru dan pasti semua pernah nyobain. Ngajakin anak-anak main juga asyik lhoo.

Jadi dalam game ini kamu bakal diberikan sebuah papan luas dengan bayak petak-petak kecil di dalamnya.

game Minesweeper

Diantara petak ini kamu akan menemukan ranjau bom yang bisa meledak dan langsung Game Over!

Kamu bisa klik petak secara acak. Tapi hati-hati yaaa. Kalau yang kamu klik muncul angka ya aman deh. Kamu bisa melanjutkan permainan.

Agaknya Minesweeper ini bukan game yang mudah buat pemula. Tapi bisa dikenalkan ke anak-anak. Dengan memahami berbagai aspek seperti angka, dan menyimak panduan gamenya maka Moms dan anak-anak juga bisa menguasai game klasik ini lho. Coba yuk masuk ke laman Classic Minesweeper.

Baca Juga:

Cara Agar Anak Suka Berhitung dan Matematika

3. Uji Ketelitian dan Menambah Vocab Melalui Game Word Search

menambah vocabulary dan ketelitian melalui game word search

Word Search sendiri adalah salah satu game bergenre puzzle yang memungkinkan gamer mencari kata-kata dalam kotak huruf yang sangat penuh.

Anak-anak bisa sekalian belajar bahasa Inggris lho, bisa menambah vocabulary anak juga.

serunya main word search

Selain itu game ini cukup menantang lho karena gamer akan dilatih mengasah kecepatan mata, otak, dan tangan sekaligus. Anak-anak juga harus lebih teliti dengan banyaknya huruf yang terpampang.

Anak-anak juga jadi mudah mengingat ejaan yang benar, dan meningkatkan kemampuan menyusun kata. Seru kan?

Main langsung deh, klik di laman Daily Word Search Game.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak?

Penutup

Masih banyak orang tua yang kerap berpikir bahwa main game adalah suatu hal yang ngga baik dan patut dihindari. Padahal mengenalkan game pada anak  ngga selamanya buruk kalau pemilihan jenisnya sesuai dan bisa dinikmati secukupnya.

Setelah membaca artikel ini Moms bisa tahu kan manfaat main game. Apalagi dengan main games di solitaire.org bisa meningkatkan kemampuan literasi anak, meningkatkan kecerdasan visual-spasial dan melatih kemampuan problem solving mereka.

Selamat mencoba, Moms!

By thekurniawans

The Kurniawans adalah sebuah catatan keluarga, jelajahi kisah pengasuhan, perjalanan, dan semua cerita menyenangkan.

18 thoughts on “Mengenalkan Game pada Anak Bisa Melatih Keterampilan Problem Solving, Yuk Main Solitaire!”
  1. Tanpa dikenalkan pun, anak2 udah nemu sendiri. Tinggal diarahkan pilihan gamenya agar bermanfaat, ya

    1. Wah baru tahu manfaat main game ini. jadi pingin jadwalin anak-anak bermain game seperti diatas. Solitaire bagus juga ya

  2. Tidak semua game membahayakan. Karena yg penting itu management waktu dan bijak dalam bermain nya ya. Saya juga masih suka main game lho. Meski yg mudah aja, biar cepat menang. Hehehe

  3. Benar, nggak semua games memberikan dampak buruk pada anak, asalkan games yang dipilih benar2 sesuai usia dan nggak mengandung pornografi (soalnya udah banyak game yang animasinya pakai baju seksi2). Bijak-bijak download dan melihat anak download games ya Mom, hihihi.

  4. ternyata dampak positif gaming terpampang nyata yaahh

    apalagi sekarang gamer tu profesi yg mayan prestisius

  5. Aku dulu agak susah pertama kali main Solitaire tapi anak-anakku yah begitu main langsung ngerti dan bisa, anak digital memang ngak bisa bohong karena sejak lahir sudah terlatih intuisi digitalnya wkwkwk.

  6. Wahhhh, kalo ini sih semuanya game emaknya 😀 . Duluuuu banget saya suka main game-game ini, sampai kemudian lupa apakah masih ada atau tidak. Rupanya masih ada yaa… Jadi kangen bernostalgia 😀

  7. Kadang mengajarkan anak untuk bisa memecahkan masalah mereka sendiri ini terasa sulit. Tapi bila anak terbiasa bermain games dengan porsi yang tepat, maka akan menjadi problem solver yang tepat.

  8. Jika dimainkan dengan bijak dan memilih permainan yang sesuai dengan usia, game ini banyak manfaatnya. Saya pernah membaca sebuah artikel ada seorang anak juara LCC B. Inggris karena dia sering belajar b. Inggris melalui main game

  9. Minesweeper dan solitaire pernah jaya saat menemani saya tumbuh dewasa hehehe. Games-games pengasah otak dan ketelitian tapi bisa dimainkan berjam-jam juga. Games yang dimainkan anak sekarang menurut saya lebih kompleks atau rumit, contohnya minecraft. Tapi mungkin ada efek lainnya juga yang bermanfaat sesuai dengan zaman mereka kelak.

  10. Saya juga rencana kenalkan game ini
    Tunggu sampai dia bisa bertanggung jawab dengan pilihannya dulu biar keduanya aman

  11. Main game nggak hanya sarana hiburan bagi anak
    Tapi juga bisa melatih kemampuan memecahkan masalah ya mbak

  12. Wah iya, bisa ngajarin anak problem solving dengan main game, dan setuju jika mengenalkan game pada anak tak selamanya buruk kalau pemilihan jenisnya sesuai dan bisa dinikmati dengan tahu waktu

  13. Saya juga suka nih main solitaire mbak dari jaman masih awal kerja wkwkwk, hiburan di saat saya jenuh dan puyeng sama kerjaan

  14. Kalau games Solitaire mah bagus menurutku bisa melatih daya kerja otak biar nggak gampang lemot hehe. Bisa juga latih fokus dan atur strategi. Namun tetap harus dibatasi paparan radiasi blue light untuk anak sih, jadi dibatasi jam mainnya

  15. Nah bener juga Saya dulu suka sekali main game Solitaire, tapi hasilnya juga cepat mikir dan lebih sigap aja dalam kegiatan sehari-hari ..Game Solitaire mengajarkan ketangkasan dan ketepatan berpikir kalau menurut Saya

  16. main game itu sebenarnya memang banyak manfaatnya ya, mbak. apalagi sekarang memang jaman sudah berubah di mana game itu bisa dengan sangat mudah diakses. tinggal kita sebagai orang tua aja sih yang bisa mengarahkan dan mengingatkan anak kalau sudah berlebihan saat main game

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *