Bagaimana Cara Mengajarkan Bahasa Inggris untuk Anak-anak?

mengajarkan anak bahasa Inggris

Siapa ingin anaknya pintar bahasa inggris?

Saat ini bahasa inggris jelas penting banget karena merupakan bahasa internasional. Apalagi kalau mau anak-anak sekolah di tempat yang bagus, bahasa inggrisnya kudu pintar dong. Namun bagaimana cara mengajarkan bahasa inggris untuk anak-anak agar mereka cas-cis-cus? Begini caranya:

Baca Juga:

Belajar Bahasa Inggris Online, Biar Bisa Sekolah di Luar Negeri

1. Mengajak Nonton Film Berbahasa Inggris

Belajar bahasa inggris gak selalu di kursusan atau baca kamus, lho! Teman-teman bisa ajak anak-anaknya untuk nonton bareng, tentunya pilih film berbahasa inggris. Film anak-anak yang berbahasa inggris dan ceritanya ‘aman’ kan cukup banyak, misalnya Finding Nemo.

Dengan nonton film maka bisa jadi momen untuk bonding dengan anak-anak sekaligus belajar listening. Belajar bahasa asing bisa dimulai dari membiasakan pendengaran dengan kata-kata dari bahasa tersebut. Anak-anak akan terbiasa lalu jatuh cinta dengan English.

2. Membacakan Buku Bilingual

membacakan buku bilingual

Siapa yang suka bacakan buku untuk anak sebelum tidur? Kalau ingin mereka pintar bahasa inggris, bacain bukunya gak selalu 100% berbahasa inggris juga sih. Untuk awalnya pilih buku bilingual (dwi bahasa). Jadi setelah selesai bacakan yang bahasa Indonesia, bacakan versi bahasa inggrisnya.

Buku bilingual banyak banget dijual di toko buku maupun marketplace. Tinggal pilih aja sesuai kesukaan anak-anak. Dengan bacain buku ini maka sekalian latihan listening.

3. Membuat Flash Card Berbahasa Inggris

Masih bingung cari cara mengajarkan bahasa inggris untuk anak-anak? Kalau memang mereka lebih senang belajar di rumah (alias gak di kursusan) ya tidak apa-apa. Yang penting mamanya telaten menstimulasi dan ngajarin.

Salah satu caranya adalah dengan membuat flash card berbahasa inggris. Bisa di-print sendiri lalu dilem di atas potongan kardus, bisa juga delaminating. Dengan flash card ini maka kosakata anak-anak juga bisa bertambah, dan maininnya juga sambil bergembira yaa.

4. Main Game Edukasi

Siapa suka main game? Nah anak-anak kadang juga doyan mabar, wkwkwk. Jujur ya, game itu gak selamanya buruk, asal disesuaikan dengan usia anak. Biasanya kan juga ada rating-nya, missal 7+, 12+, dll.

Dengan main game maka anak-anak sekalian belajar bahasa inggris, karena tulisan dan percakapannya mayoritas pake English, bukan? Tapi tentu saja pilihkan game edukasi untuk anak. Game ini relatif aman dan membuat anak-anak makin cerdas, rileks, sekaligus jadi sarana belajar bahasa inggris.

5. Kalau Pengucapan atau Grammarnya Salah, Tidak Apa-Apa

Sebenarnya nih, kalau mencari cara mengajarkan bahasa inggris untuk anak-anak tuh gak harus saklek dengan 16 tenses dan grammar yang sempurna. Kalau misalnya mereka salah spelling, salah tulis, atau salah pengucapan, ya tidak apa-apa. Namanya juga belajar, yang penting langsung dibetulkan.

Kalau menuntut kesempurnaan grammar yaa bakal susah karena jadi enggak fun lagi belajarnya. Untuk level anak PAUD, TK, atau SD kelas 1,2,3, belajar bahasa inggrisnya masih tahap pengenalan dan menghafal kosakata. Jadi santai dulu ya, kalau mereka sudah paham baru diajak memahami grammar sedikit demi sedikit.

6. Memotivasi untuk Traveling

Salah satu cara memotivasi anak-anak agar rajin belajar bahasa inggris adalah dengan menceritakan negara-negara asing. Misalnya nih di Amerika ada Disneyland. Kalau bisa bahasa inggris kan enak dan saat traveling ke sana gak bingung lagi cari penerjemah.

Penutup

Nah, sudah paham kan bagaimana cara mengajarkan bahasa inggris untuk anak-anak? Bisa banget lho belajar di rumah sambil bermain. Misalnya dengan game flash card atau main game bareng. Teman-teman juga bisa menghabiskan akhir minggu dengan nonton bareng film berbahasa inggris, sekalian latihan listening.

By thekurniawans

The Kurniawans adalah sebuah catatan keluarga, jelajahi kisah pengasuhan, perjalanan, dan semua cerita menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *