Review Doctor Cha, Seumur Hidup Terlalu Lama. Tak Apa Kau Berhak Bahagia!

review Doctor Cha

“Bahkan pasangan yang awalnya tergila-gila satu sama lain juga bisa berakhir seperti orang asing seiring berjalannya waktu.” – Cha Jeoung-Suk

Udah sesuka itu sejak episode pertama dan selalu menanti tiap minggunya dengan rasa penasaran yang begitu besar. Mulai tayang sejak 15 April dan emang ratingnya cukup tinggi.

Meskipun mengangkat isu perselingkuhan seperti The World of Married, tapi aku tetep ngegas sii lihatnya. Lhaaa emang kocak banget lho. Asli bikin sebel dan ketawa dalam waktu bersamaan.

Baca Juga:

Review Like & Share: Pergulatan Remaja Menghadapi Realita Tabu Hasrat Seksual

Sinopsis Dr. Cha

Berkisah tentang Cha Jeong-Suk (Uhm Jung-Hwa) yang menikah dengan Seo In Ho (Kim Byung Chul). Seo In Ho ini kerja sebagai kepala ahli bedah di rumah sakit universitas.

Gimana yha, dia tuh kaku, sensitif, perfeksionis, dan diktator gitu. Sedangkan Cha Jung Sook hanyalah ibu rumah tangga biasa yang merelakan profesinya sebagai dokter buat mengabdi jadi full IRT selama 20 tahun.

Di saat istrinya lagi sakit dan butuh transplantasi hati, eh si In-Ho sibuk pacaran sama mantan, eaaaa.

Sejak ini Cha Jung-Suk berani mengambil keputusan yang mengubah hidupnya di masa depan.

Wanita Tetap Boleh Bermimpi Walau Telah Menjadi Ibu

“Aku sibuk berusaha keras untuk mengubah masa depan hidupku.” – Cha Jeoung-Suk

Awalnya dokter Cha ini emang mengabdi banget buat keluarga. Hidup di tengah keluarga kalangan menengah atas dengan dua anak dan ibu mertua yang super duper manja.

Semua harus serba diladenin, apa-apa pokoknya dr. Cha deh. Idiihh aku ngebayanginnya aja udah yang capek dan males banget.

Anak-anaknya jadi pada ngga mandiri. Ibu mertuanya juga tergantung banget buat semua urusan pekerjaan rumah.

Dua puluh tahun seperti itu lho. Hingga ada sebuah kejadian yang membuat dr. Cha berubah. Lagi sakit dan mendadak harus segera mendapatkan transplantasi hati kalau ngga yha bakal end.

In-ho sang suami beneran maju mundur dan dihadang semua pihak buat donorin kan. Akhirnya dapet pendonor dari pasien yang udah mati otak.

Alhamdulillah deh. Dari kejadian ini, mimpi-mimpi lama dr. Cha seperti kembali menyeruak.

Doi mantap mengambil keputusan melanjutkan kariernya yang tertunda. Sebelumnya dia rela meninggalkan karir sebagai dokter saat masih jadi residen 20 tahun yang lalu.

Dia bertekad belajar lagi dan memulai residen medis dari awal. Hal ini tentu aja berdampak huru hara sama kehidupan rumah tangganya. Dia jadi ngga sempet ngurusin rumah tangga kan.

Dari sinilah keseruan di mulai. Dia mulai banyak ditentang suami, mertua dan anak-anaknya. Tapi ya gimana yaaa, aku pribadi sih ngedukung dr. Cha buat kembali merebut mimpi.

“Aku ingin hidup bebas tanpa memikirkan orang lain” – Cha Jeoun Suk

Apalagi anak-anaknya juga udah pada gede dan waktunya belajar mandiri. Ngga selamanya kan ditemenin ibu sampai dewasa.

Dan bagiku, ngga akan pernah ada kata terlambat buat perempuan yang ingin kembali merebut mimpinya yang tertunda. Meskipun sudah menjalani peran sebagai ibu dan istri, perempuan tetaplah seorang perempuan bagi dirinya sendiri.

Baca Juga:

Review Ngeri-Ngeri Sedap: Belajar Jadi Orang Tua Ngga Ada Tamatnya

Drakor Medis yang Lebih Mature

“Bagi dokter, tidak ada yang lebih baik daripada melihat pasien sehat kembali” – Roy Kim

Beih nih dokter gantengnya kebangetan deh!

Aku sempet berharap kalo Dr. Cha ama Dr. Roy aja kali yahhh. Tapiiii oh tapiiii,

“Bagiku kau seperti matahari di musim panas, terlalu menyengat,” kata Dr. Cha saat ditembak Dr. Roy. Kayanya hidup Dr. Cha udah ngga mikir percintaan yang berat-berat lagi dan mending Dr. Roy dapet cewe lain yang lebih pantas. Sadddd!

Huwaaaa.

Emang deh drakor ini cocok buat kamu yang suka romcom dengan latar rumah sakit. Jadi kangen Hospital Playlist deh!

Tapi ini ceritanya lebih mature dengan tokohnya yang udah berumah tangga dan pernikahannya di ujung tanduk.

Belum lagi Dr. Roy yang kelihatan banget sukaaaak ama Dr. Cha padahal tahu kalau udah bersuami dan tentu aja tahu kalau suaminya selingkuh.

Pelakor yang Lebih Blak-blakan

Emang paling udah habitnya di Korea kalau hamil di luar nikah tuh biasa banget. Kalau yang mau lanjutin nikah ya monggo, tapi kalau yang ngga yhaaa udah lah yaa.

Palingan ntar ditentang keluarga suruh gugurin, tapi ibunya bersikeras ngelahirin. Kaya Choi Seung-Hi, selingkuhannya In-Ho yang juga punya anak dari hasil hubungan gelap mereka. Ya anaknya seumuran ama anak kedua Dr. Cha.

Sama juga cerita salah satu pasien yang hamil sama pacranya yang aktor. Tetep pengen melahirkan anak tersebut dengan taruhan nyawa.

Kalau ceritanya Seung-Hi ini sih dia pelakor yang terang-terangan maju dan ngga ada takutnya sama sekali sama istri sah-nya lho. Meskipun anaknya juga ngga ada bapaknya dan dibuang keluarganya, dia tetep mempertahankan In-Ho.

Ya kaliiii punya aura apa sih In-ho tuh!

Kehangatan Kasih Sayang Ibu yang Tak Pernah Padam

kasih sayang ibu Oh pada dr. Cha

“Mempertaruhkan nyawanya untuk seorang anak adalah hal yang dilakukan seorang ibu. Jadi mengemis untuk hidupmu bukanlah apa-apa” – Oh Deok Rye

Setua apapun kita, ya kita tetep seorang anak buat ibu kita kan?

Udah deh, ahjumma Kim Mi Kyung yang juga jadi ibunya di Hi, Bye Mama ini paling favorit buat aku. Gimana yha, beliau ngga pernah salah kalau memerankan karakter seorang ibu yang bikin aku nangis berdarah-darah.

Sosoknya yang tangguh, supportif, dan penuh kasih sayang. Aku malah mellow banget saat beliau ngasih surat ke Seung-Hi tuh.

Intinya beliau bilang, kalau Choi Seung Hi masih punya kesempatan memberikan yang terbaik buat anaknya serta kembali menjadi wanita terhormat.

Ini yang bikin Seung-Hi semakin sadar buat segera meninggalkan In-Ho.

Anak Tetaplah Menjadi Korban Perceraian Orang Tuanya

anak jadi korban perceraian orang tua

“Perlakukan anak-anakmu seperti kamu memperlakukan orang lain.” – Cha Jeong Suk

Kedua anak Dr. Cha bilang  kalau ibunya boleh mengambil keputusan yang terbaik, entah itu berpisah atau tidak. Semua terserah sang ibu, asal ibumereka bisa bahagia.

Mau gimana juga kan ngga ada mantan anak yha, jadi meskipun berpisah ya masih kewajiban kedua orang tua untuk bijak mendampingi anak-anaknya.

Apakah mereka akan broken home? Entahlah. Udah pada gede juga buat memahami kondisi pernikahan yang complicated.

Baca Juga:

Review Turning Red: Rumitnya Masa Transisi Anak ABG

Seumur Hidup Terlalu Lama Bersama Orang Yang Tak Tepat

seumur hidup terlalu lama

“Saat bercerai, harus 100 kali lebih yakin dibandingkan saat menikah.” – Cha Jeong Suk

Sebenarnya apa sih makna “seumur hidup terlalu lama” ini? Karena kayanya sih kalimat ini lagi viral banget kan?

Aku sendiri sering banget ngobrol ama suamiku, sebenernya gimana proses orang-orang akhirnya memutuskan berpisah.

Kebanyakan artis-artis “udah ngga cocok”, lha setelah bertahun-tahun dan anak-anak udah gede kenapa baru ngga cocok sekarang sii?

Atau gimana kalau ekonomi, orang ketuga, KDRT? Iya banyak banget faktornya dan kita ngga bisa semudah itu bilang, “kok bisa?”.

Ada banyak temenku juga yang memilih bertahan demi anak tapi mengorbankan dirinya sendiri sebagai seorang istri (ini kasusnya selingkuh dan KDRT, double kill banget yah). Tapi masih harus bertahan karena 3 anaknya cewek semua dan butuh figur seorang ayah.

Pertanyaannya, figur yang bagaimana? Kalau ayah mereka sendiri bahkan ngga bisa menghargai istrinya?

Ada juga temenku yang akhirnya berpisah baik-baik, dan anaknya dia bawa. Dan belum tentu juga lho setelah berpisah bisa mendapatkan yang lebih baik lagi, maybe.

Sekali lagi, kita ngga akan pernah tahu dapur orang lain, ya kan?

Dan benar sih kalau ibadah terlama itu ya merawat pernikahan.

Kalau aku boleh memilih, dan tentu saja semua orang bakal memilih untuk hidup bahagia dengan orang yang tepat.

semua berhak bahagia

Makanya aku happy banget kaya yang lega gitu saat tahu Dr. Cha berani memilih berpisah daripada hidup dengan orang toxic. Karena selingkuh itu habit siih ya, belum tentu ngga akan kumat lagi.

Dan rasain deh di In-Ho ngga dapetin siapapun pada akhirnya. Meskipun anak tetap mengikat hubungan mereka. Dr. Cha juga jadi jauh lebih bahagia dengan hidupnya saat ini.Jdengan

Jadi gimana?

Seumur hidup terlalu lama dengan orang yang tidak tepat atau sehidup sesurga dengan the right one?

By thekurniawans

The Kurniawans adalah sebuah catatan keluarga, jelajahi kisah pengasuhan, perjalanan, dan semua cerita menyenangkan.

49 thoughts on “Review Doctor Cha, Seumur Hidup Terlalu Lama. Tak Apa Kau Berhak Bahagia!”
  1. Huwaaa…di mana-mana reviewnya positif ya Dr Cha ini. Pada bilang, meski tema perselngkuhan tapi ga bikin hati panas. Aku sendiri belum nonton dan jadi pengen nonton..Kemarin malah nonton Dr Romantic gara2 suami sih yg duluan nonton, dan aku malah ga puas jadi ga lanjut ke Dr Romantic 2

    1. Iya bersama orang yang nggak tepat cuma jadi racun kalau dilakukan seumur hidup. Dah tinggalin aja. Segemes itu baca review drama Dr. Cha ini

    2. Salah satu drama yang buat aku mikir kalau nggak ada kata terlambat buat mencapai mimpi. Selain itu, drama ini ada kisah selingkuhnya tapi nggak bikin aku kesel kayak drama lainnya, humor.y banyak soal.y hehe

  2. Sukaa banget ending cerita ini. Memang bagusnya seperti itu aja. Win win solution. Biasanya aku ga mau nonton kalo berbau selingkuh mba, tapj khusus dr cha, mauuuu 😄👍. Apalagj cerita nya juga ada lucunya. Dan jujur susah marah sih ke pemeran yg cowo hahahaha.

    Udh paling bener mereka pisah. Dulu pernikahan pertamaku juga gagal Krn si mantan selingkuh, pas aku kuliah di LN . Alasan sih kesepian. Tapi dari situ aku ga bisa terima dia lagi. Udh ga ada rasa percaya soalnya. Kesalahan apapun aku bisa trima, tapi ga utk perselingkuhan. Mau punya anak atau ga, aku akan ttp minta cerai. Apalagi kayak kisah dr cha, sampe ada anak dr hasil selingkuhnya 🤣🤣🤣. Wassalam itu mah 😂

    1. Naaahhh!!!
      Samaaaa mbaaa. Aku bete banget pas ada yang komen, kok mereka ga pada rujuk sii.
      Aku sendiri tim yang memilih ‘cukup sampai di sini’ kalo ada orang ketiga. Bahkan kami udah perjanjian sejak masih pacaran. Mending kalo udah ngga sreg atau apalah, cepetan diomongin. Jangan bilang ngga cocok setelah sekian purnama bersama.
      Emang berat sih yaaa, tapi kamu keren mbaa!!!

  3. Aku nonton drakor ini setiapkali update episode terbaru. Hanya kadang aku mikir dr Cha terlalu baik. Hihihi. Nggak ada marah-marah atau kesal. Kurang aware dengan kondisi sekitarnya (pernikahannya) karna apa terlalu polos ya 🙂 Tapi drama ini mengajarkan ketulusan kebaikan hatinya yang membuat hidupnya jadi bahagia di akhir episode 🙂

    1. Iyaaaa kan jadi netijen yang ikutan geram hahaha. Makanya pas dia mulai speaks up, makin kepooo akhirnya kek mana yahhh

    2. Drakor yg sempat viral ya, sy ga nonton tapi baca bbrp review yang ditulis teman-teman blogger. Drama yg ada selingkuhannya suka males nonton, bikin emosi hahahaha

  4. Dr. Cha, favortiku nih. Drama perselingkuhan tapi dikemas dengan lain, bahkan banyak bikin ketawa.

    Seneng banget endingnya Dr. Cha mantap pisah dengan In Ho. Meskipun ya, kasihan ke anak-anaknya, terutama I-rang, kalau Jung Min dia udah gede, udah ngerti banget.

  5. Kok, saya jadi pengen nonton, ya. Karena selama ini suka menghindari cerita perselingkuhan. Suka bikin emosi duluan. Apalagi kalau yang diselingkuhinya bersikap lemah. Ini jalan ceritanya menarik. Pantesan aja banyak yang suka.

  6. Aku belum nonton drama ini , tapi teman kantor ku rada udah nonton semua, jadi aku tau2 aja dikit kapan mereka bahas, hehehe. Dari bahasannya seru deh, apalagi pas mreka bahas gemen gak nahan nunggu on goingnya waktu itu. Dari temanya, aku lagi hindari tema drama beginian mba, maunya yang romance aja deh, maklum nonton kadang udah sisa2 waktu.

  7. Aku juga berharapnya dr Cha jadian ama dr Roy, tapi ternyata endingnya nggak gitu.
    Tapi pada akhirnya semua menemukan kebahagiaan, dalam versinya masing-masing

  8. Aku belum nonton Dr. Cha, tapi sudah lihat spoilet bertebaran di TL. Jadi ya kurang lebih tahu gimana ceritanya. Seumur hidup emang bakal lama banget kalau jalani sama orang yang salah. Kudu benar-benar dipikir sebelum nikah

  9. banyak pesan penting dalam hidup yang ada di drama ini ya mba. Life is so full of ups and downs and at the end of the day, we all deserve to be happy

    1. Banyak yang review drakor dr. Cha ya. Jadi penge nonton, tapi mager sama episodenya yang panjang haha

  10. aku belum nonton ini. tapi udah banyak banget nonton spoiler dan baca bocoran nya
    akhirnya dr.cha memilih pisah ya, syukurlah dia berhak bahagia.
    kalo aku jd dr.cha mungkin ga tahan dibuat seperti itu pasti minta langsung pisah pas ketauan 😀

  11. Salah satu drakor yang mau saya tonton tapi belum sempet. Sudah pernah baca beberapa review teman tentang drakor ini. Setuju sekali kalau jadi perempuan setelah menikah jangan sampai kehilangan mimpi. Apalagi kalau pasangannya ternyata kurang bisa menghargai jasa istri selama ini. Memang perempuan berhak bahagia, berhak melanjutkan mimpi dan hidupnya

  12. Baca review drakor yang satu ini bikin pengen nonton euy. Aku bukan penikmat drakor yang terlalu romantic, tapi kalau ada perjuangan cewek untuk mengejar mimpi pasti pengen aku tonton.

    1. Wah.. Saya juga nonton nih drakor seru. Tiap episode nya bisa dinikmati tanpa pengen skip sama sekali. Padahal kalau drakor lain suka skip² kelamaan jedanya.

  13. banyak pelajaran dari drakor ini, menarik sekali drakornya, wanita emang perlu menyenangkan diri sendiri dan bebas finansial agar jika kejadian tidak terlalu drop.

  14. Aku juga suka sama drama Korea ini, padahal aku paling gak suka kalau ada perselingkuhannya. Tapi kemarin tuh rela menanti walau masih on going. Aku pun gemes banget sama Seo In Ho, bisa-bisanya dia menolak memberikan hatinya. Ketambahan sama mertua dokter Cha, itu lagi super gemes awal-awal nonton wakakakaa…

  15. Dokter Cha ini drama selingkuh yang bisa dikemas dengan cara yang unik dan kocak
    Aku suka ending nya

  16. Satu2nya drama perselenhkian yang gak bikin gemes tapi juga gak bisa dibiarkan gtu aja karena emang gak bagus perbuatan suaminya tuh. Setuju banget seumur hidup terlalu berharga kalau memutsukan utk hidup denganorg yang salah dalam sebuah ikatan pernikahan. Meski komedi tapi endingnya cukup realistis ya.
    Moga ada versi seriusnya kapan2 hehe

  17. Bener sih..
    Hebat karena pada akhirnya Dr. Cha berani memilih berpisah. Aku jadi inget drama The World of the Married.
    Di saat semua oke, ada yang mengganjal dalam perjalanan dan berani mengambil keputusan terbaik. Bukan untuk siapa-siapa, tetapi untuk kebahagiaan diri sendiri.

    Kadangkala kita juga sering gitu ya.. judgement dengan pengasuhan seseorang.
    Semoga doanya anak-anak tetap bisa mandiri, gak minta tolong terus sama kedua orangtuanya.

    1. Iyaaa teh, kalau kita sendiri mengorbankan kebahagiaan sendiri buat orang lain, padahal kita tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang yhaaa.

      1. Dari drama dr. Cha aku baru tau kalau lisensi dokter ini selamanya yaa..?
        Misal tes dari sejak lulus profesi dokter, trus gak praktek selama 20 tahun, lisensi dokter masih berlaku?

        Sebenernya yang agak mengganjal kayak scene dr. Cha deket sama cowok dokter itu..
        Apa kek gitu bukan potensi selingkuh juga?
        Etapi ya di Korea mah gak ada istilah gitu ya… Jadi makna selingkuh itu kalo uda terang-terangan mengkhianati kepercayaan pasangan.

        1. Mestinya urus STR lagi itu tuuhh, tapi mgkn ga diceritain detailnya haha.. soalnya emang pace-nya drama ini cukup cepat, banyak ledakan masalah… jadi bagian gitunya diskip biar ga nambah kontroversial jg mungkin setelah sempet kena protes.

  18. Bener banget, seumur hidup terlalu lama untuk orang yang salah. Apalagi kesalahannya yang gak bisa ditoleransi kayak gini, huhu.

    Sekedar kebiasaan kecil sih pelan-pelan bisa diubah (asal sama-sama mau saling memperbaiki diri)

    Aku juga suka drakor ini walaupun cuma nonton cuplikan-cuplikannya aja, tapi kerasa vibesnya tentang perjuangan seorang istri sekaligus ibu yang berjuang menggapai mimpinya kembali dan mengejar kebahagiannya lagi.

  19. Oooh ini tho Dr. Cha. Lagi rame dibahas sampe temanku sedih ketiduran, ketinggalan endingnya.
    Drama tema perselingkuhan selalu rame dan menggemaskan para pemirsa. Tapi in a real life tetap sih anak jadi korban walau dia udah gede khawatir kebawa pikiran pernikahan itu negatif.

  20. akk, aku suka filmnya doctor cha ini. endingnya agak beda sih ya, kirain cerai lalu memilik bersama dokter roy, hihi.. cerita perselingkuhan tapi ga diselesaikan dengan jambak-jambakan ^^ sudah mature semua sih ya.. bagaimana cara pengambilan keputusan, bagaimana memilih moment saat ingin menyampaikan sesuatu, bagaimana ketika mengetahui rahasia dan tetap menjaganya sampai saat yang tepat, bagaimana menjaga hubungan dengan mertua, ibu kandung, anak, dan lainnya. seru sih <3

  21. Saya juga nonton… Emang ajaib banget sih ya kelakuan si In Ho… Paling suka sama anak perempuannya dr. Cha, cantik…

  22. dr.cha memang sempat happening banget ya mba. Aku malah belum nonton nih, jadi makin penasaran deh…

  23. Aku dah nonton kaya 1 episode, tapi kayanya kurang cocok sama akuuuu. Jadi ga lanjut lg nih. Huhu. Padahal kayanya ceritanya lucuuu yaaaaa

  24. Aku pun sejak nonton episode pertama sudah sesuka itu sama drakor ini. Udah gitu relate banget sama aku yang baru aja comeback ngantoran lagi setelah 11 tahun jadi IRT. Beruntungnya suamiku nggak kaya suami dr.Cha aja, hahaha.. amit amit deh.

    Banyak banget sih insightnya yaa dari drama ini. Seneng juga setelah mereka pisah, justru hubungannya jadi lebih dekat dan hangat.

  25. Tanteku pernah bikin stori di Instagram tentang drama ini. Katanya baguuss. Pas baca reviunya, kayanya beneran bagus yah, apalagi cerita tentang cinta-cintaan gini pasti banyak peminatnya hihihi.

  26. Kirain orang modern dengan karir cemerlang, keluarga baik, anak sudah lengkap jadi penyempurnaan keluarga, mau apal lagi, tetapi tetap saja ada yg kurang dan menambahnya dengan selingkuh ya. Ckckck…
    Namanya jug drama, gak gitu ya datar aja, gak seru ya hehehe…

  27. Sehidup sesurga ya kalau sama-sama menginginkan hal tersebut. Kalau satunya maunya hidup enak doang tanpa mau memperhatikan pasangannya, ya gimana atuh ya definisi sehidup sesurganya. Tetap harus melihat kenyataan meskipun perpisahan itu pasti pahit rasanya. Ikut senang melihat endingnya, dr. Cha bisa mengisi kehidupannya dengan menjadi dokter kembali dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

  28. Drakor yang mesti wajib ditonton, isinya penuh dengan konflik2 yang seperti dunia nyata, dan memang sih lebih baik menikah dengan orang yang tepat. Karena seumur hidup itu lama.

  29. Kedua orangtuaku saat ini sudah menikah selama 60 tahun, sementara beberapa tahun lalu, kakak perempuanku memutuskan menggugat cerai suaminya setelah 20 tahun menikah. Kami keluarga besar mendukung keputusannya karena suaminya pelaku KDRT baik mental maupun fisik. Kenapa baru 20 tahun? Karena seumur hidup terlalu lama dengan orang yang tidak tepat, jadi meski telat, lebih baik daripada tidak sama sekali. Serupa dengan keputusan Dr. Cha ini

  30. Drakor yang menarik banget nih dr.Cha. Life begins at 40 ya. Perjuangan IRT cerdas yang merelakan mimpinya untuk mimpi yang lain juga. Walau sebenarnya masih ada yang belum terpenuhi secara emosional. Ditambah lagi suaminya yang justru selingkuh, jadi semakin mengukuhkan bahwa dia harus berjuang di sisi yang lain juga.

  31. Bagus ya drama ini, karakter dokter Cha yang fokus pada solusi bukan nambah masalah baru, keren nih

  32. dr. cha ini drama tema perselingkuhan yang nggak bikin emosi karena ada komedinya gitu ya, mbak. aku sendiri belum nonton sampai akhir nih karena sudah kena spoiler di medsos

  33. Duh ini salah satu drakor yang berkesaaan dalam hati <3 *uhuk
    jadi dokter Cha kayak representasi ibu-ibu yang tertunda mimpinya karena pernikahan dan anak huhu.. makjleb bangett pokoknya

  34. sepertinya besok aku beneran mau nonton dokter cha deh, asli keracunan dengan reviewnya seru banget ya kak

  35. Aku nyimak film ini sampai tamat. wkwkwk, penasaran banget, Jujur nikmatin banget film ini, lihat peran dr cha, kayak lihat diri sendiri. wkwkwk Bener memang, seumur hidup terlalu lama dengan orang yang tidak tepat,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *