Education

8 Tips Mudah Memasak Bagi Pemula. Cobain Yuk!

Mudah memasak bagi pemula

“Kamu tahu bedanya ketumbar sama merica? Lengkuas sama jahe? Kangkung sama daun singkong?”

Wah, pernah ngga kamu ditanya begitu sama mama kamu? Atau sama orang lain? Merasa jiper duluan atau malah udah expert?

Buat yang mau membina rumah tangga, penting ngga sih seorang istri harus bisa memasak? Apakah wajib?

Kalau buat aku pribadi nih yah, ngga wajib sih. Btw, mau nyari istri apa nyari kang warung padang yang sedia masakan 24 jam HAHAHA.

Eh. Tapi lagi-lagi menurutku sih ya, seenggaknya yah bisa lah yah masak dikit-dikit. Jangan yang nul puthul banget lah, bikin malu aja wkwkwk. Masa iya sih ngga mau bikinin something gitu buat suami tercinta. Eaaa.

Seenggaknya bikin tumis-tumisan, sop-sopan, atau nasgor gitu lah yang gampang tinggal cemplng-cemplung. Asal dibikin penuh rasa cinta, eaaaa.

Oke deh, sini aku bakal bagiin tips memasak bagi pemula yang serius bikin kamu pasti jadi pengen masak. Ngga percaya? Lanjut baca yuk!

Tips Mudah Memasak Bagi Pemula

1. Jangan Tunggu Besok

Ngga cuma diet aja yah yang tunggu besok wkwkwk. Kadang belajar masak juga bikin kita ragu buat memulai. Kamu harus menantang dirimu untuk berani mencoba memasak hal baru bahkan yang disukai olah orang yang kamu sayangi.

Mungkin saja diawal hasilnya ngga sesuai. Rasanya udah bener resepnya tapi kok rasanya bisa beda?

It’s okey! Kamu bisa mengulanginya dan terus mencoba sampai rasanya sesuai dengan keinginanmu. Kamu juga bisa mendapatkan masukan dari orang lain agar rasanya bisa lebih baik lagi.

2. Cobalah dengan Resep Sederhana

Kalau memasak adalah hal baru buatmu, cobalah dengan membuat resep sederhana yang smeua orang pasti bisa. Hehehe.

Masakan sederhana ini misalnya merebus atau menggoreng telur, bikin orak-arik telur dengan bumbu yang gampang seperti garam dan merica.

Mungkin kamu juga bisa bikin scramble eggs buat sarapan. Mudah lho.

 

3. Gunakan Alat Masak yang Tepat

Kalau kamu mulai memasak, pastikan kamu mengenal apa saja alat masak yang akan kamu gunakan. Karena memang ada beragam jenis alat maska yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Ini yang harus dipahami oleh pemula.

Sekarang banyak juga alat masak yang ramah di kantong. Mulailah berinvestasi dengan membeli kompor, pisau, panci, dan wajan.

Pilihlah wajan dengan diameter cukup lebar agar kamu bisa memasak berbagai jenis masakan dengan satu alat saja.

Kamu bisa memilih bahan yang lebih berkualitas daripada yang umum dipakai tapi malah bikin ngga awet.

4. Kenali Bahan-Bahan Makanan

Setelah mengenali alat tempur buat memasak, saatnya kamu juga mengenali jenis bahan-bahan makanan. Bukan Cuma bahan masakan aja deh, tapi kamu juga harus bisa membedakan fungsi bumbu antara satu dan lainnya.

Apalagi untuk jenis rempah-rempah kita yang kaya rasa. Kamu harus bisa mengenalinya dan membedakannya.

Tipsnya adalah dengan memberi label pada toples-toples kecil. Nanti kamu akan terbiasa dan mudah membedakannya kok lama-lama.

5. Kuasai Teknik Memasak yang Basic

Emang sih teknik memasak bisa dipelajari. Tapi ada juga teknik atau ilmu yang bisa kamu praktekkan, misalnya cara mengiris, dan mengolah makanan.

Latihan setipa hari akan membuatmu semakin ahli. Oh ya, selain mengetahui cara memasak bagi pemula, mulai dari menumis hingga memanggang, akan bisa membuat masakanmu semakin berkualitas.

6. Baca Buku Resep atau Tonton Tutorial Memasak

Group of young people cooking together.

Jaman dulu masih jaman banget yah lihat resep masakan di buku. Kalau jaman sekarang kamu tinggal ngetik aja di Google maka akan keluar ribuan resep sesuai selera.

Ada juga aplikasi resep seperti Cookpad, Yummy App, dan banyak lagi.

Bahkan di youtube juga ada banyak banget resep masak yang bisa kamu contek buat pemula. Baca atau lihat resep dengan jelas dan teliti.

Jangan sampai saat asyik memasak kamau malah lupa bahan atau alat masaknya. Hehe.

7. Cicipi Sebelum Dihidangkan

Karena kamu masih pemula, jangan lupa selalu mencicipi masakan yang akan kamu hidangkan. Teliti hasil masakan kamu, koreksi rasa apakah ada rasa yang masih kurang? Apakah kurang asin atau malah kemanisan?

Kamu akan terbiasa dengan takaran bumbu yang dibutuhkan untuk setiap masakan kamu nantinya.

8. Terus Berlatih

Tak ada yang mengalahkan jam terbang. Ya! Jam terbang ngga bisa bohong.

Kegagalan pasti akan menghampiri, tapi kamu ngga perlu berkecil hati. Semua orang pasti pernag mengalami kegagalan di awal debut mereka, bahkan seorang Chef profesional sekalipun.

Makanya, terus berlatih dan jangan menyerah. Terus kembangkan skill memasak kamu sampai benar-benar fasih. Terus coba resep baru yang lebih menantang ya.

Penutup

Buat kamu yang pingin belajar memasak, ternyata banyak tips yang bisa kamu coba. Memasak bagi pemula bukan hal yang sulit kalau kamu berani memulai. Jangan ragu untuk mencoba memasak mulai dari resep sederhana.

Setelah memahami beberapa menu masakan, kamu bisa menaikkan level kesulitan masakan.

Boleh share menu resep masakan di kolom komentar lho..:)

The Kurniawans adalah sebuah catatan keluarga, jelajahi kisah pengasuhan, perjalanan, dan semua cerita menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *