Beauty

Alasan Kenapa Kulit Kamu Butuhkan Asam Lemak Ceramide

kulit membutuhkan asam lemak ceramide

Dari pelembab hingga serum, kamu pasti akan melihat ceramide di hampir semua produk perawatan kulit. Tapi kenapa? Untuk mengetahui jawabannya, kamu harus baca artikel ini yah.

Molekul yang ada secara alami ini adalah bagian dari lapisan penghalang kulit. Dalam istilah awam, ceramide adalah sesuatu yang menyatukan sel-sel kulit. Selain itu, ceramide juga melindungi kulit kamu dari paparan lingkungan seperti polusi dan udara kering.

Ceramide adalah salah satu bahan yang sudah ada cukup lama, tetapi baru-baru ini menjadi tren perawatan kulit. Ceramide adalah asam lemak rantai panjang yang membuat molekul lemak. Molekul-molekul kulit ini membentuk sebagian besar epidermis, yang merupakan lapisan terluar kulit.

Lebih dari 50 persen kulit kita terdiri dari ceramide, dan itu menjadikannya bagian dari pembentukan kulit yang sehat. Berikut adalah alasan kenapa kulit kamu membutuhkan Asam Lemak Ceramide:

Apa itu Ceramide?

Ceramide adalah molekul lipid yang memainkan peran penting dalam fungsi retensi air dan fungsi penghalang di stratum korneum dan lapisan luar kulit. Ceramide memastikan bahwa kehilangan air trans-epidermal tidak terjadi terlalu cepat dengan menahan air di kulit.

Selain itu, ceramide dapat mengurangi radikal bebas di kulit yang merusak elastin dan kolagen. Ini membantu mencegah proses metabolisme yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan bintik-bintik penuaan.

Ceramide menyatukan sel-sel kulit dengan kuat di lapisan kulit paling atas. Ini tidak hanya menjaga cairan di kulit tetapi juga melindunginya dari alergen dan agresor eksternal. Ceramide tidak hanya penting untuk penampilan yang sehat, tetapi juga untuk fungsi kulit yang sehat.

Berikut adalah beberapa alasan yang berkontribusi pada hilangnya ceramide di kulitmu:

Usia

Sama seperti molekul kulit lainnya, volume ceramide di kulitmu terus berkurang seiring bertambahnya usia. Secara khusus, saat kamu mencapai usia 20-an, tubuh menghasilkan lebih sedikit ceramide daripada sebelumnya dan itu turun seiring waktu.

Musim

Tingkat ceramide juga dapat menurun dengan penurunan suhu. Musim dingin yang dingin dan udara yang menggigit dapat mempercepat penipisan ceramide juga.

Bahan Kimia

Menggunakan produk perawatan kulit dan exfoliant yang sarat dengan bahan kimia dapat mengganggu pH kulit kamu. Ini dapat berkembang menjadi pengurangan ceramide di kulit kamu.

Alasan Kenapa Kulit Kamu Membutuhkan Asam Lemak Ceramide?

kulit membutuhkan asam lemak ceramide

Produk perawatan kulit yang memiliki aroma dan wewangian buatan di dalamnya juga dapat menyebabkan hilangnya ceramide di kulit . Tapi kabar baiknya adalah kamu dapat mengisi kembali kadar ceramide dengan menggunakan perawatan kulit yang tepat dan makan makanan yang baik.

Tapi, apa yang membuatnya menjadi bahan yang sangat dicari dalam perawatan kulit? Salah satu dokter menjelaskan apa yang ceramide lakukan untuk kulit kamu. Berikut manfaat kecantikan dari ceramide:

Melembabkan Kulit

Ceramide membantu mengunci kelembapan di dalam kulit serta melindunginya dari kerusakan lingkungan. Ini membantu kulit menjadi lebih lembab dan berembun. Ini juga, mengurangi munculnya kerutan dari waktu ke waktu.

Meningkatkan Penghalang Kulit

Ceramide akan meningkatkan fungsi dari penghalang kulit dan membantu menjaga penghalang lipid kulit. Dengan melindungi penghalang kulit, mereka mengurangi tanda-tanda penuaan dan menjaga kulit tampak bercahaya, awet muda, dan bercahaya.

Melindungi Kulit

Ceramide akan membantu kamu untuk melindungi kulit dari semua faktor lingkungan seperti kotoran, polusi, dan stres oksidatif. Ini akan bertindak sebagai pelindung untuk menjauhkan masalah-masalah sial ini dari kulit, sekaligus menjaga kelembapan alami kulit tetap terkunci.

Mengatasi Masalah Jerawat

Ini akan membantu kamu untuk mengisi ceramide ke dalam kulit dan mengembalikan penghalang yang akan mencegah bakteri agar tidaka memasuki kulit Anda. Tidak ada bakteri nuka berarti tidak ada jerawat. Jadi, jika kulit Anda telah kehilangan ceramide, pastikan untuk meremajakannya.

Memberikan Sifat Anti-Inflamasi

Ini akan membantu kamu dengan kondisi kulit inflamasi. Ketika stratum korneum kulit tidak berfungsi dengan sangat baik, maka kulit bisa mengalami dehidrasi dan menyebabkan hilangnya air epidermis sementara.

Hal ini akan membuat kulit menjadi kering, meradang, dan berisiko mengalami kulit inflamasi seperti eksim, rosacea, jerawat, dan psoriasis.

Mencegah Penuaan Kulit

Peningkatan hidrasi dan penghalang kulit yang lebih baik berarti kulit yang lebih montok, halus, lebih kencang dengan garis dan kerutan yang tampak lebih sedikit dan tidak ada dehidrasi. Ceramide mengembalikan lemak yang hilang di kulit dan meningkatkan tampilan dan nuansa secara keseluruhan.

Penutup

Memang benar kandungan ceramide banyak terkandung di berbagai jenis produk perawatan kulit. Karena memang banyak sekali manfaat ceramide ini. Itulah ulasan tentang alasan kenapa kulit kamu membutuhkan Asam Lemak Ceramide yang perlu kamu ketahui sebelumnya.

 

The Kurniawans adalah sebuah catatan keluarga, jelajahi kisah pengasuhan, perjalanan, dan semua cerita menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.