Catatan Perjalanan Mantan Quality Assurance

catatan anak Quality Assurance

“Kamu yakin mau ke Jakarta?” tanya mamaku dua belas tahun yang lalu.

“Bukan Jakarta, Mah. Tapi Cikarang,” kataku menyebutkan sebuah nama tempat yang aku sendiri ngga tahu itu di mana. Aku menyebutnya negeri antah berantah.

“Ya di sana pokoknya. Jauh lho itu. Kamu yakin bisa tinggal sendirian. Ngekos,” tanya mama lagi buat memastikan.

Aku ini tipe anak pertama perempuan yang ada di lagu-lagu, “gampang naik darah, omong tak mau kalah. Kalau datang senang, nona cukup ramah..” hahaha

Jiwaku haus tantangan, aku suka jalan-jalan. Tak peduli solo traveling atau rame-rame. Kalau cuma ngekos di Cikarang pasca kuliah, mah ngga ada apa-apanya juga.

Apalagi kalau jauh dari ortu bikin aku lebih mandiri, lebih peka, lebih berani dan banyak lebih lagi. Tapi jadinya harus LDR ama doi? HAHAHA.

Quality Assurance PT. Genero Pharmaceuticals

Awalnya ovt juga, nih jurusan Teknik Kimia mau di bawa ke mana?

Apakah akum au kerja di migas?

Mau jadi Quality Control di lab?

Atau ikutan CPNS aja deh?

Ya. Sebelum berlabuh di Cikarang, aku juga udah masukin lamaran ke sana-sini. Bener-bener literally masukin, yang dateng bawa map coklat gitu terus dititipin ke pos satpam. Saat itu aku nyoba ke Otsuka di Kejayan.

Ngga kek sekarang yang serba online, bikin CV bisa cantik-cantik dibantuin Canva Pro!

Bahkan buat ke Cikarang aja aku ngga dianterin. Sewoles itu juga sih ortuku. Karena aku ngga punya ATM buat transfer-transfer kalau kehabisan duit, itu pertama kali aku buka rekening BCA.

Jaman dulu BCA itu elit banget, wajib setor saldo minimal 500 rebu. Sekarang aja cuma 50k uda bisa buka rekening kan. Karena bapakku pakenya BCA ya aku dibuatin BCA, yang sampe sekarang masih tak pakek.

Modal duit 500k di ATM sama sangu 200 rebu, aku terbang ke Cikarang. Eh ngga ding, nyepur wkwkwkwk.

Jodohnya kerja di Cikarang, ternyata ketrimanya di Quality Assurance di pabrik farmasi. Mayan yah masi nyambung ama jurusan.

Ovt lagi deh, itu ngapain ya jobdesc nya?

Ternyata berhubungan ama dokumen. Jadi emang lebih sering madep depan komputer daripada di lapangan. Tapi kadang aku gudang juga kalau ada complain product, kadang ke QC juga kalau harus ambil sampel. Jadi QA ini juga berhubungan sama banyak orang.

Pernah diajakin mba Lola juga (SPV-ku) buat jadi notula saat meeting. Aduh berasa orang iyes, pake kemeja, celana kain, blazer, sama heels. Wakakaka. Ketemu atasan-atasan yang penting, duhhh aslik berasa kek orang kantoran yang ada di sosmed-sosmed!

Serunya Ngantor, Solidnya Temen-Temen

Diingetin FB kalo hari ini 12 tahun yang lalu aku gabut pas makan siang dan foto-foto di kantor. Huwaaaa time flies!

Aku yang konon mengatakan diriku sendiri introvert dan gabung ama anak-anak ibu kota awalnya minder juga. Bisa ngga ya gabung ama mereka.

Yang pertama kali nyapa aku y amba Nani ini (yang berdiri), first impression-nya jelas aja beliau ramah banget. Nyapa yang say hi gitu. Udah gitu doang aja aku merasa diterima banget di sini.

Mba Nani ini keibuan banget, merangkul banget, cuco kalo buat tempat curcol anak-anak labil. Macem gue ini.

Apakah gawe di sana bikin aku ngomong gue elu? Hahaha iya sometimes.

Terus yang paling kiri ini Della, kami manggilnya Ondel. Dia anak smakbo sama kek mba Nan. Anak QA juga, yang sering bantuin aku si anak baru ini. Kalo Ondel ini tipe yang lemah lembut gitu lah, asyik kalau diajakin ngobrol.

Nah yang tengah Namanya Tika. Aku manggilnya emak, gara-gara dia emang emak-emak hahaha. Anak QA juga tapi dia meskipun kek rapuh gitu-gitu sering naik gunung. Tomboy abis tapi yah alus hatinya, halah. Aku sering main ke rumahnya. Sering nginep juga. Dulu anaknya masi belom sekulah sekarang si Ully uda SMP. Huhu time flies yhaa.

Foto ini keliatan banget kan jaman dulu pada kaga kenal make up. Udah lah begitu doang riasan minimalis bisa ngantor. Kaga ngerti urutan skincare yang panjang kek sekarang hehehe.

Anak QA ngga QA aja sih, QC juga, HSE, PPIC juga, semua pada kompak-kompak. Apalagi kalau nungguin makan siang. Enaknya kerja di pabrik kalo siang dapet makan.

Kalo sabtu minggu juga kita bakal keluar bareng. Kaga ada tuh bully-bully an kek di medsos. Kehabisan duit pas tanggal tua juga sering kok.

Inget banget dulu pernah gajian masih 2.7 an dan itu bisa bawa aku backpacker-an ke SG sama Bangkok. Sampe pernah boongin mba Lola kalo aku sakit, eh padahal baru sampe Changi.

Kebanyakan cuti kan jatah cutiku abis hahaha. Akhirnya beli surat keterangan sakit abal-abal harga 30 rebuan.

“Semoga cepet sembuh, Lintang..”

Baek banget kan, bawahannya kelakuannya blangsak! HAHAHAHA.

Sebenernya banyak banget yang pengen aku ceritain, hampir 3-4 tahunan lah aku di GP. Pas lebaran pernah bawa bulk Natur-E lotion gitu terus aku bagi-bagin di kampung. Iya maklon ama GP.

Kalau kamu tahu produk-produknya Erha Clinic itu juga produksinya di GP. Jadi karyawan GP kalo mau treatment di Erha biasanya dapet potongan harga hehe.

Gini udah jadi emak-emak kadang pengen lah ngantor lagi. Tapi sekarang prioritasnya bukan itu. Haseeek.

Udah laahh, see yaaaa..

By thekurniawans

The Kurniawans adalah sebuah catatan keluarga, jelajahi kisah pengasuhan, perjalanan, dan semua cerita menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *