Peran Penting Persatuan Ahli Farmasi Indonesia di Era Digital

Peran Penting Persatuan Ahli Farmasai Indonesia di Era Digital

Tak bisa dimungkiri kalau era digital sudah menguasai setiap lini kehidupan saat ini. Termasuk di dalamnya adalah sektor farmasi. Asal kamu tahu, kalau perkembangan teknologi di bidang farmasi juga tak kalah pesat. Banyak perubahan dalam pelayanan kesehatan, dan pengelolaannya.

Banyak milenial dan gen Z yang lebih tertarik dengan pelayanan kilat serta mudah diakses melalui aplikasi lewat gawai pintar mereka. Perubahan ini yang menjadi tantangan bagi apoteker maupun tenaga farmasi untuk memberikan pelayanan obat-obatan untuk lebih berinovasi.

Tenaga apoteker atau farmasi yang kompeten harus bisa mendekati masyarakat modern menggunakan perangkat digital dan teknoligi informasi terkini. Harapannya agar tenaga farmasi bisa lebih mengoptimalkan pasar digital negeri ini.

Tak salah bila organisasi seperti Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) dituntut terus melakukan inovasi mengikuti pesatnya arus digitalisasi saat ini.

Sekilas Tentang PAFI

Ahli Farmasi Indonesia sebenarnya sudah ada sejak di Proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 lalu.

Ahli Farmasi Indonesia ngga pernah absen dalam perjuangan pembangunan Negeri. Mereka turut membantu meningkatkan taraf kesejahteraan umum khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat dan farmasi.

Pada 13 Februari 1946, di Yogyakarta dibentuklah Organisasi yang dinamakan “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia” sebagai wadah menghimpun semua tenaga yang bakti karyanya di bisang farmasi. Kemudian organisasi ini dikenal dengan PAFI.

Melalui PAFI, para ahli farmasi bisa saling bersinergi dan berkolaborasi memajukan dunia farmasi di Indonesia.

Salah satunya PAFI Mahakam Ulu yang merupakan bagian dari PAFI Pusat. Tujuannya pun sama yaotu mnegembangkan dan meningkatkan pembangunan Farmasi Indonesia.

Peran PAFI dalam Era Digital

1. Meningkatkan Kompetensi Tenaga Teknis

Meningkatkan Kompetensi Tenaga Teknis

peran utama PAFI di era digital salah satunya dalam peningkatan kompetensi tenaga kefarmasian melalui pendidikan dan pelatihan.

Info lebih lengkapnya, kamu bisa mengakses laman pafimahakamulu.org untuk berita terupdate terkait farmasi di Indonesia. Banyak program pelatihan yang fokus pada pemahaman dan penggunaan teknologi digital. Misalnya manajemen apotek, pelatihan penggunaan software untuk stok obat bahkan aplikasi pelayanan farmasi.

2. Standarisasi dan Regulasi

PAFI juga memiliki peran dalam mengembangkan dan mengimplementasikan standar regulasi yang relevan dengan digitalisasi farmasi.

Hal yang mencakup standarisasi ini meliputi prosedur operasional (SOP), protokol keamanan data pasien, hingga aturan terkait konsultasi farmasi daring.

Standar yang jelas akan meningkatkan kualitas dan keamanan layanan farmasi digital.

3. Peningkatan Inovasi

Peningkatan Inovasi

Selain itu PAFI juga menjadi fasilitator dalam meningkatkan inovasi dan kolaborasi tenaga teknis kefarmasian dan apoteker.

PAFI bantu menjembatani melalui forum diskusi dan konferensi untuk kepentingan pengetahuan dan pengalaman yang relevan dengan teknologi digital bidang farmasi.

4. Advokasi dan Kebijakan Publik

PAFI Pusat juga harus aktif dalam advokasi dan penyusunan kebijakan publik. Hal ini bisa menjadi masukan kepada pemerintah mengenai regulasi yang adaptif terkait perkembangan teknologi.

PAFI akan sangat membantu mengedukasi masyarakat tentang manfaat dan layanan farmasi digital secara aman.

Baca Juga: Stigma “Ibu Ngga Boleh Sakit”

Tujuan PAFI

  1. Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  2. Mewujudkan derajat Kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia
  3. Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan Farmasi Indonesia
  4. Meningkatkan kesejahteraan anggota

Penutup

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau biasa dikenal PAFI memiliki peran yang sangat penting bagi era digitalisasi farmasi. PAFI sendiri menjadi kunci dan tolok ukur dalam upaya mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional.

By thekurniawans

The Kurniawans adalah sebuah catatan keluarga, jelajahi kisah pengasuhan, perjalanan, dan semua cerita menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *