Memilih Mini Circuit Breaker (MCB) Terbaik Schneider Melalui Telesindo

Memilih Mini Circuit Breaker (MCB) Terbaik Schneider Melalui Telesindo

“Deeekkk, awas kesetrum!”

Pernah ngga Moms teriak seperti itu di rumah? Emang deh ya, kalau punya balita atau toddler harus ekstra hati-hati. Anakku juga pernah tuh, tangannya dimasukkin ke colokan listrik. Siapa yang ngga panik kan? Mana anak-anak lagi masa eksplorasi yang bikin penasaran dengan semua hal.

Menjaga keamanan listrik di rumah merupakan kewajiban yang harus dilakukan semua penghuninya. Terlebih kamu yang punya anak kecil di rumah. Menjaga keamanan tiap anggota keluarga agar terhindar dari hal-hal tak diinginkan adalah kewajiban orang tua. 

Berkenaan dengan listrik, tahu kan kalau listrik sudah menjadi bagian penting semua orang di era digital. Kebayang deh kalau ada gangguan listrik, pasti menghambat aktivitas harian banget kan. Tak bisa dimungkiri kalau kita semua jadi ketergantungan sama penggunakan peralatan listrik hari ini.

bahaya korsleting listrik

Tapi kamu harus tetap waspada, karena listrik juga bisa menjadi berbahaya saat terjadi korsleting bahkan bisa menyebabkan kebakaran.

Kamu harus menjaga agar hal ini ngga terjadi dan rutin menjaga keamanan listrik di rumah. Anak-anak biasanya punya rasa ingin tahu yang tinggi. Banyak kecelakaan terjadi pada anak karena stop kontak yang berada di area kurang aman untuk anak-anak.

Apalagi orang tua milenial selalu disibukkan dengan peralatan gadget dengan banyak sambungan listrik untuk smartphone maupun laptop. Pastikan manajemen perkabelan dan kesiapsiagaan bisa bantu menyelamatkan keluargamu dari kemungkinan bahaya kelistrikan.

Aku punya beberapa tips keamanan menggunakan listrik di rumah buat mencegah risiko kebakaran akibat listrik.

Tips Keamanan Menggunakan Listrik

1. Perhatikan Peralatan Listrik dengan Daya Besar

Ada beberapa peralatan listrik di rumahku yang mengonsumsi daya besar dan terpasang terus menerus. Misalnya AC, kulkas, kompor listrik, dan pemanas air.

Nah, untuk alat-alat ini kamu wajib menggunakan kabel, stop kontak, steker, atau saklar yang bermutu dan bagus sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Pemakaian daya besar atau watt besar biasanya mengonsumsi beban lebih dari 250 watt.

2. Jangan Menumpuk Steker Terlalu Banyak

Menumpuk Steker Terlalu Banyak

Mulai sekarang hindari menumpuk steker terlalu banyak pada satu stop kontak menggunakan alat pencabang. 

Ini yang bikin stop kontak kelebihan beban dan memmbuat steker serta stop kontak mengalami panas berlebih. Hal ini pula yang bisa meningkatkan kemungkinan kebakaran akibat listrik.

3. Memilih MCB yang Tepat dan Berkualitas

Salah satu fungsi MCB adalah menjaga keamanan sistem dan daya listrik dengan melindungi dari arus berlebih atau gangguan arus. Kalau terjadi situasi beban listrik berlebih yang biasa disebut korsleting, MCB akan merespon secara cepat dengan memutus aliran listrik. Ini bisa mengurangi risiko kebakaran akibat arus berlebih yang membahayakan keselamatan keluarga kamu.

Makanya, pastikan kamu memilih MCB yang tepat dengan kualitas terbaik.

Memilih Circuit Breaker Terbaik dengan Schneider Electric

Salah satu kejadian yang paling umum terjadi di rumah adalah electric short atau sering dikenal sebagai korsleting. Pemutus arus listrik atau circuit breaker merupakan produk pengaman listrik yang memiliki beberapa variasi diantaranya MCB, RCCB, MCCB, dan RCBO.

Dalam keadaan normal, MCB (Miniature Circuit Breaker) ini fungsinya seperti saklar yang memutuskan hubungan arus listrik secara manual. Tapi kalau terjadi kelebihan penggunaan daya listrik, akan terjadi pemutusan arus listrik secara otomastis (biasanya disebut “jeglek” hehehe) untuk menjaga keamanan rumah dari terjadinya korsleting.

Melihat pentingnya fungsi MCB ini, kamu ngga boleh sembarangan memilih produk MCB lho. MCB Schneider Electric bisa jadi rekomendasi karena udah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

PT Schneider Electric Indonesia merupakan perusahaan yang terkemuka dalam produksi alat-alat listrik, seperti MCB (Miniature Circuit Breaker) dan panel listrik. 

Keunggulan Schneider:

  • Terdepan dalam teknologi dan inovasi, terutama untuk solusi manajemen energi, otomatisasi, dan kontrol industri.
  • Variasi produknya luas dan fleksibel mencakup semua kebutuhan, mulai dari instalasi listrik perumahan, komersial, hingga industri.
  • Kualitas produknya sudah teruji, bahkan sudah digunakan di seluruh dunia.
  • Terkenal sebagai brand elektrikal kelas atas dan memiliki reputasi yang sangat bagus di bidang ini.
  • Produk yang paling terkenal: MCB Domae, Sakelar AvatarOn, Inverter Altivar, dan UPS by APC.

Terus cari MCB di mana nih yang rekomen?

Baca Juga: Terobosan RED Asia Inc. Mendorong Transformasi Digital

Telesindo Sebagai Solusi Temukan MCB Schneider Electric Terbaik

MCB Schneider Electric

Telesindo Citra Sejahtera memiliki komitmen menghadirkan produk berkualitas dan layanan terbaik dalam menyediakan berbagai kebutuhan perangkat kelistrikan untuk hunian, ritel, gedung dan industri.

Pada tahun 1996, Telesindo sudah memulai bisnis sebagai distributor resmi Schneider. Jelas

aja Telesindo selalu jadi referensi belanja dan mendapatkan kepercayaan di hati customernya.

Era digital pun membuat Telesindo berinovasi membuka jalur pemasaran produk melalui segmen online dengan nama situs www.telesindo.id. Harapannya bisa melebarkan sayap dan menjangkau kebutuhan pasar lebih luas tanpa hambatan dan kendala.

Jadi tenang aja, kamu bisa cari berbagai macam produk Schneider di situs Telesindo. 

Kalau instalasi listrik rumah tangga, kamu bisa menggunakan MCB dengan ukuran standar seperti 6A, 10A, atau 16A tergantung kebutuhan daya listrik. 

Biasanya daya 9000 VA menggunakan MCB 4A, daya 1300 VA menggunakan MCB 6A, daya 2200 VA menggunakan MCB 10A.

Kalau kamu sudah tahu bakal menggunakan MCB yang mana, langsung aja cari di situs Telesindo deh.

Telesindo distributor resmi Schneider

Tapi apa pakai MCB aja udah aman? Ternyata belum! Kamu harus mengatasi kemungkinan kesetrum juga. 

Gimana caranya?

Buat mencegah agar kesetrum ngga menimbulkan bahaya bersar, ada alat yang disebut RCCB (Residual Current Cirrcuit Breaker) buat melindungi dari bahaya kesetrum.

Residual Current Cirrcuit Breaker

Kamu bisa menggunakan RCCB dengan rating 30 mA buat melindungi bahaya kesetrum. Kalau 30 mA ini masih masuk batas aman buat tubuh manusia. Saat mendeteksi kebocoran arus listrik 30 mA, RCCB yang baik dan benar punya sensitivitas tinggi dengan response time cepat.

RCCB ini bisa digunakan untuk memastikan jaringan listrik udah benar, ngga ada kebocoran dalam bentuk lain dalam jaringan.

RCBO

Selain itu, Schneider Electric juga menyediakan alat yang disebut RCBO. Jadi RCBO ini gabungan MCB dan ELCB, bisa memberikan perlindungan terhadap beban berlebih di jaringan, korsleting, dan kesetrum. Bentuknya lebih ringkas dan mudah dipasang.

Gimana, sekarang udah makin yakin kan membeli Circuit Breaker terbaik brand Schneider Electric lewat situs Telesindo?

Dengan memilih perlengkapan listrik yang berkualitas, kamu bisa mengantisipasi segala kemungkinan bahaya yang mungkin terjadi di rumah.

Salam safety!

By thekurniawans

The Kurniawans adalah sebuah catatan keluarga, jelajahi kisah pengasuhan, perjalanan, dan semua cerita menyenangkan.

9 thoughts on “Memilih Mini Circuit Breaker (MCB) Terbaik Schneider Melalui Telesindo”
  1. Bagus kayanya ini barangnya. Belom pernah coba ini. Nanti tak cobaa, makasih infonya…

    Newsartstory

  2. Memilih MCB Schneider terbaik adalah investasi penting untuk keamanan dan keandalan instalasi listrik. Memilih Telesindo sebagai distributor terpercaya, Kita dapat memastikan mendapatkan MCB Schneider terbaik dengan harga yang kompetitif dan layanan yang memuaskan.

    1. Makasih banyak tipsnya bermanfaat banget sih , memang punya anak itu harus waspada soal stop kontak di rumah , pas banget aku punya bayi yang baru mau mulai merangkak dan sedang eksplorasi seisi rumah hehe

  3. Kalo ngomongin soal peralatan listrik, maka produk2 schneider yg bisa diandalkan. Kualitasnya memang bagus ya, termasuk untuk MCB ini

  4. Ngeri itu lihat steker yang numpuk-numpuk. Memang jangan main-main deh dengan listrik. Harus cari yang bagus. Jangan sampai menyesal kalau udah ada kejadian gak diinginkan.

  5. Iya harus waspada dan super hati-hati kalau masih punya anak kecil terutama pada aliran aliran listrik. Pernah lho anak saya juga kesetrum dan kami semua heboh. Udah ketakutan. Eh anaknya malah ketawa ketawa… Lebih baik segera amankan semua aliran listrik di rumah ya

  6. Eh bentar, bentar, schneider …. ini kok serta-merta mengingatkanku pada nama salah satu pesepakbola dari Jerman, gabung timnasnya juga, tapi bukan era sekarang ya … era Manu masih muda.

  7. Di rumah pernah sampai kebakar di kotak mcb-nya. Untungnya bisa dipadamkan dengan cepat, ngeri banget sampai kebakar kayak gitu deh, huhuhu. Alhamdulillah aliran listrik juga langsung terputus sementara, jadi gak mempengaruhi listrik di rumah. Pentingnya alat MCB yang baik ya supaya bisa kayak gini ya, cepat langsung memutus aliran listrik saat terjadi sesuatu.

    1. Bener mbaa, penting banget punya MCB yang berkualitas buat mengantisipasi kejadian-kejadian kek gini. Huhu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *